Penyebab, Gejala serta Pengobatan Kanker Uretra

Selamat datang di situs blog kami. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai kanker uretra. Kanker ini cukup berbahaya dan bisa vatal jika tidak segera diobati. Maka dari itu, kami akan mengajak anda untuk menyimak artikel berikut supaya anda lebih bisa berantisipasi terhadap kondisi ini.


Kanker uretra adalah suatu kondisi medis yang ditandai dengan pertumbuhan abnormal dari sel kanker pada jaringan uretra. Uretra sendiri merupakan sebuah saluran yang berfungsi untuk mengeluarkan urin yang berasal dari kandung kemih. Kanker ini dapat terjadi pada pria maupun wanita, biasanya setelah usia 50 tahun.

Ukuran uretra sendiri pada wanita memiliki panjang sekitar 3,75 cm dengan ujung berlubang, sedangkan pada pria, memilki ukuran panjang 20 cm, dan menembus kelenjar prostat serta berakhir sebagai sebuah lubang di ujung penis. Penyakit kanker uretra sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu kanker uretra anterior (kanker uretra yang terletak di uretra anterior, sebuah uretra yang berada di dekat lubang keluar), dan kanker uretra posterior (tumbuh di dekat kandung kemih).

Apa saja gejala yang dapat dirasakan mengenai kanker uretra?

Gejala kanker uretra biasanya ditandai dengan adanya pertumbuhan kecil berwarna merah yang menyebabkan nyeri di samping lubang uretra pada wanita. Selain itu, penderita juga dapat mengalami hematuria atau terdapat darah dalam air kemih yang mungkin hanya bisa diketahui dengan pemeriksaan mikroskopik. Munculnya darah dalam urin ini bisa menyebabkan gejala lain pada penderita, yaitu seperti sulit buang air kecil, hal ini terjadi karena terjadi penyumbatan di dalam uretra.Selain itu ada beberapa gejala yang dapat terjadi seperti, menderita dispareunia, terdapat benjolan atau gumpalan di penis, terjadi pembengkakan kelenjar getah bening di pangkal paha, serta aliran urin yang lemah.

Pemeriksaan apa saja yang bisa dilakukan untuk mengetahui adanya sel kanker uretra?

Pemeriksaan akan dilakukan tentunya berdasarkan gejala-gejala yang terdapat dalam pemeriksaan fisik. Maka biasanya pihak medis akan mengambil contoh jaringan yang akan diperiksa dengan menggunakan mikroskop. Pada pria, bisa dilakukan pemeriksaan dengan menggunakan sitoskopi untuk melihat uretra.

Lantas, pengobatan seperti apa yang bisa dilakukan dalam mengatasi kanker uretra?

Pengobatannya dapat dilakukan dengan cara:
  • Operasi pembedahan.
  • Kemoterapi dengan menggunakan obat-obatan.
  • Terapi penyinaran dengan menggunakan sinar X dosis tinggi atau sinar energi tinggi lainnya.

Demikianlah artikel yang dapat kami sampaikan mengenai Kanker uretra. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Dan kami himbau kepada anda bahwa informasi yang kami berikan bukanlah pengganti nasihat medis.Ini hanyalah sekedar informasi untuk anda dalam menjalani proses pengobatan selanjutnya. Selalu periksakan keadaan anda, ke dokter anda yah. Terima kasih.

Artikel Terkait Penyebab, Gejala serta Pengobatan Kanker Uretra :

Powered by Blogger.